Pages

Kamis, 29 November 2018

Makna Kesuksesan

Sumber gambar: national.tempo.co

Banyak manusia yang mempersempit makna kesuksesan, hingga ketika sudah sampai pada tujuan yang ada dalam persepsinya, ia akan kehilangan esensi dari tujuan tersebut. Padahal kesuksesan cukup digambarkan tidak lebih dari dua suku kata yaitu Khusnul Khotimah.

Kesuksesan adalah ketika manusia mampu menggenggam dunia di tangannya. Ia hanya meletakkan dunia tidak lebih sebagai medan perjuangan untuk mengalahkan ego dan nafsunya. Mengalahkan kecintaannya pada kebahagiaan artifisial demi mendapatkan kebahagiaan yang abadi.

Jika dunia diletakkan di hati, maka hidup akan semakin berat. Padahal semua proses yang dilalui walaupun dihayati dengan baik akan kembali pada satu titik akhir bermuara pada-Nya.

Kamu tidak bisa memilih lahir dari rahim mana tapi kamu bisa memilih sukses lewat jalan yang mana. Melihatlah ke bawah agar selalu mensyukuri apa yang telah Kau miliki. Fokus pada apa yang telah diberikan oleh-Nya akan terasa damai daripada selalu memikirkan apa yang telah terambil dari kehidupan ini. Marahmu, rasa kecewamu, jadikan kekuatan untuk mengejar kesuksesanmu.

Jabatan manusia hanyalah serupa khadimah. Kekayaannya hanyalah sebagai wasilah. Rupawannya hanyalah setitik ni’mah atau niqmah. Ilmuwannya hanyalah untuk sebuah amanah. Dan kehidupan manusia secara umum adalah khalifah (memimpin dirinya sendiri untuk bisa meraih kehidupan yang lebih baik dunia dan akhirat).

Semoga kita bisa kembali kepada-Nya dengan khusnul khatimah.

Dikutip dari Dr. Ika Yunia Fauzia, Lc., M.A.

0 komentar:

Posting Komentar

Senata.ID -Strong Legacy, Bright Future

Senata.ID - Hidup Bermanfaat itu Indah - Orang boleh pandai setinggi langit, tapi selama ia tidak menulis, ia akan hilang dalam masyarakat & sejarah. Menulis adalah bekerja untuk keabadian -Pramoedya Ananta Toer