Pages

Selasa, 21 Mei 2019

PERKEMBANGAN STUDI HADIS DI INDONESIA: PEMETAAN DAN ANALISIS GENEALOGI


Sumber gambar: konsultasisyariah.com
Kajian hadis yang berawal dari kajian sanad hadis, ulūm al- ḥadīth, hingga metodologi pemahaman hadis menunjukkan adanya pergeseran kajian hadis serta perkembangan pemahaman hadis dengan pendekatan ilmiah, logika-deduktif, dan korelasi konteks sosio-historis- psikologis di Indonesia.

Hasil ijtihad para pengkaji hadis di Indonesia tidak dapat dilepaskan dari pengaruh lingkungan sosiokultural tempat mereka tinggal, faktor politik yang mereka dukung, latar belakang bacaan, mazhab dan kecenderungan pemikiran yang mereka anut, serta lingkungan pendidikan.

Penelitian ini mendukung pernyataan bahwa terdapat perkembangan studi hadis di Indonesia. Pernyataan di atas mempunyai persamaan dengan komunitas akademik lainnya, seperti Daniel Djuned (2002), R. Michael Feener (2002), dan Muhammad Dede Rodliyana (2003). Pada sisi lain, pernyataan tersebut kontradiktif dengan pandangan sebagian kelompok akademik lainnya, seperti Ramli Abdul Wahid (2006), Khairul Rafiqi (2012), dan Martin van Bruinessen (1995) yang menyebutkan bahwa pengkajian atau karya-karya yang berkaitan dengan hadis di Indonesia sangat jarang dan tidak berkembang.

Penelitian ini membuktikan bahwa terdapat pergeseran dan perkembangan studi hadis di Indonesia, khususnya dalam metodologi pemahaman hadis oleh pengkaji hadis di Indonesia pada masa sekarang.

Dalam meneliti pemikiran dari ulama hadis di Indonesia penulis menggunakan metode hermeneutik. Pendekatan hermeneutik ini dapat berperan menguak cara berpikir ulama hadis di Indonesia secara rinci pada beberapa pemikirannya yang dinilai mengandung unsur pembaharuan. Kajian ini juga dilengkapi dengan pendekatan sosio- historis yang ditekankan pada latar belakang kehidupan yang dapat mempengaruhi pemikiran mereka dan historico-critical-method (metode kritik sejarah) yang ditekankan pada penemuan fakta-fakta objektif dan nilai-nilai yang terdapat dalam pemikiran ulama hadis di Indonesia.

Dikutip dari abstrak disertasi Hasep Saputra UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

Berikut kami sertakan link pdf disertasi di bawah ini

0 komentar:

Posting Komentar

Senata.ID -Strong Legacy, Bright Future

Senata.ID - Hidup Bermanfaat itu Indah - Orang boleh pandai setinggi langit, tapi selama ia tidak menulis, ia akan hilang dalam masyarakat & sejarah. Menulis adalah bekerja untuk keabadian -Pramoedya Ananta Toer