Pages

Sabtu, 09 Maret 2019

Bayang-bayang Skripsi

Sumber gambar: tulisanasrie.wordpress.com
Bayang-bayang Skripsi

Apa yang kalian fikirkan ketika mendengar istilah skripsi? Menakutkan kah? Atau justru menyenangkan? Tentu sebagai mahasiswa istilah skripsi tak asing lagi. Kedengarannya seakan menjadi momok bagi sebagian orang yang hendak menyelesaikan studi S1. Skripsi merupakan penelitian ilmiah sebagai syarat kelulusan jenjang sarjana. Penelitian ilmiah ini tak berkutat pada term skripsi saja, namun bisa merambah kepada thesis (S2), disertasi (S3), jurnal ilmiah, riset, dan sebagainya.

Tugas semua mahasiswa tingkat akhir yang mengerjakan skripsi merupakan kenangan indah tersendiri. Ditolak judul beberapa kali merupakan hal biasa sekaligus kecewa, menerima coretan revisi dari dosen pembimbing adalah sebuah realita yang harus diapresiasi. Belum lagi keruwetan menyusun bait paragraf demi paragraf, menyusun ide atau gagasan atau sekadar mencari referensi buku atau literatur yang mendukung. Semua itu dilakukan dalam rangka memperoleh hasil terbaik daripada selama 4 tahun berkuliah.

Masih banyak cerita sakral dan menakutkan mengenai skripsi. Secara teori, skripsi atau tugas penelitian ilmiah mahasiswa tingkat akhir, sebagian skripsi dipilih sesuai minat dan bidang yang ditekuninya. Tak ayal jika pengerjaan skripsi dilakukan secara benar dapat digunakan sebagai media untuk memperdalam, mengasah ketajaman analisis, dan pemahaman minat terhadap suatu bidang ilmu.

Skripsi melatih mahasiswa untuk berpikir ilmiah, bukan sekadar asal-asalan membuat dan mengklaim pendapatnya yang paling benar bak pengamat politik.
Berikut kami lampirkan pedoman skripsi UIN Sunan Ampel Surabaya

0 komentar:

Posting Komentar

Senata.ID -Strong Legacy, Bright Future

Senata.ID - Hidup Bermanfaat itu Indah - Orang boleh pandai setinggi langit, tapi selama ia tidak menulis, ia akan hilang dalam masyarakat & sejarah. Menulis adalah bekerja untuk keabadian -Pramoedya Ananta Toer