Artikel ini berupaya untuk meneliti pemikiran Ernest
Gellner khususnya idenya tentang tasawuf dan hubungannya dengan kohesi sosial.
Dia telah mengajukan sejumlah pertanyaan tentang hubungan Islam dan tasawuf
dengan modernitas, yang menarik perhatian para sarjana lain di bidangnya.
Dengan modernitas, ia berarti sekularisme, industrialisme,
dan nasionalisme. Termotivasi oleh cita-cita sekuler dan orientalis, Gellner
tampaknya tidak memiliki dasar dalam aspek “normatif” Islam. Penelitian ini
menemukan bahwa ia sama-sama tidak konsisten. Pada contoh pertama, ia cenderung
berpendapat bahwa Islam harus dikeluarkan dari modernitas karena tidak sesuai
dengan itu. Kemudian dia berbicara tentang apa yang dia sebut sebagai Islam
yang lebih tinggi dan Islam yang lebih rendah, yang pertama sejalan dengan
modernitas sedangkan yang kedua tidak. Berkenaan dengan perbedaan ini, ia
mendesak bahwa masyarakat Muslim menjalani apa yang ia sebut
"transisi" dari Islam yang lebih rendah ke yang lebih tinggi jika
ingin bergabung dengan masyarakat modern dan menjadi bagian dari "dunia
kohesif". Islam yang lebih rendah harus ditinggalkan karena mengajarkan
sihir dan mendorong kemiskinan.
Dengan mengemukakan perbedaan ini, dan tidak berpegang
teguh pada paradigma yang konsisten, pemikiran Gellner tentang Islam dan
tasawuf vis-à-vis modernitas adalah - mungkin dinilai - dikotomi dan bahkan
bingung.
Dikutip dari absttrak Abdul Kadir Riyadi, Ph.D dalam
jurnal berjudul Kajian Atas Wacana Tasawuf dan Keutuhann Sosial Ernest Gellner
Agar pembaca lebih mengulas lebih jauh, kami lampirkan
versi luring (offline) pada link pdf di bawah ini.
0 komentar:
Posting Komentar