Masalah manusia telah menarik perhatian
para ilmuwan dari berbagai spesialisasi selama berabad-abad. Banyak dari mereka
telah mengusulkan metode dan pendekatan untuk membantu kita memahami konsep
manusia, dan - dalam satu atau lain cara - berkontribusi pada pengungkapan
berbagai manifestasinya. Namun gagasan manusia masih menyisakan banyak misteri
yang belum terjawab dan menunggu lebih banyak upaya untuk mengungkapnya.
Tantangan untuk memberikan elaborasi yang cukup mengenai laki-laki menjadi
semakin sulit di era modern ini, terutama karena laki-laki hidup dalam masa
kerentanan karena tekanan modernitas. Karena itu, manusia - meminjam ‘Alī
Sharī‘atī -“ makhluk yang terus berkembang ”,yang bertujuan untuk mencari makna
secara terus menerus dalam situasi yang terus berubah.
Dalam upaya untuk memahami gagasan
tentang manusia, para ilmuwan telah memperkenalkan banyak bentuk pendekatan -
asal ilmu pengetahuan - yang paling awal adalah biologi, ekonomi dan
linguistik. Biologi berkaitan dengan manusia sebagai mampu menerima rangsangan
psikologis maupun sosial. Ini juga berbicara tentang manusia dalam hal
reaksinya terhadap lingkungan, adaptasinya, dan upaya sadar untuk bertindak
secara teratur.
Sementara itu, ekonomi berhubungan
dengan manusia dalam konteks kebutuhan, keinginan, dan minatnya. Tiga bidang
ini mendapat perhatian paling kuat tidak hanya dari para ekonom tetapi juga
dari para peneliti dari disiplin ilmu lain. Karena kenyataan bahwa kebutuhan,
keinginan, dan terutama kepentingan secara inheren terkait dengan konflik,
ekonomi juga mencoba untuk menawarkan pandangan dan narasi mengenai manajemen
dan penyelesaian konflik.
Linguistik di sisi lain, berbicara
tentang manusia dalam hal pencarian terus menerus akan makna. Makna dalam
konteks ini dipahami sebagai tujuan akhir dari kehidupan seseorang yang
tanpanya hidup tidak akan berarti. Bahasa dalam seluruh proses pencarian
manusia akan makna adalah medium dan simbol dari ide dan pemikiran. Manusia
dapat dianggap "rasional" selama ia mampu mengungkapkan gagasannya
melalui media bahasa. Linguistik juga mempelajari simbol dan memperlakukannya
sebagai bagian dari makna yang melekat dalam bahasa.
Oleh
karena itu, ketiga ilmu ini adalah alat paling mendasar yang melaluinya kita
dapat belajar tentang manusia dan apa yang paling membentuknya sebagai makhluk
hidup. Biologi memberi tahu kita tentang fungsi dan norma manusia, ekonomi
tentang kebutuhan dan minat dasarnya, konflik yang mengelilinginya serta hukum
yang mengaturnya, sementara linguistik memberi tahu kita tentang sistem makna
dan simbol. Dibawa mereka dalam totalitas mereka, ilmu-ilmu ini cukup
informatif tentang semua yang perlu kita ketahui tentang manusia.
Terlepas
dari tiga ilmu di atas, ilmu-ilmu lain yang telah berurusan dengan masalah
manusia termasuk psikologi, sosiologi dan yang paling penting antropologi. Yang
belakangan –antropologi- adalah yang paling serius dan intensif dari semuanya.
Ini mendedikasikan dirinya untuk menjelajahi dunia manusia terutama dari budaya
dan –dan ini adalah sudut pandang kami – filosofis.
Antropologi
pada awalnya adalah sebuah ilmu yang diperkenalkan dan disesuaikan oleh
kekuatan kolonial dengan cara memahami sifat objek yang dijajah dan pada
akhirnya untuk membenarkan kolonisasi mereka. Sebelumnya, itu adalah ilmu yang
hanya berurusan dengan fosil dan asal ras manusia. Pada waktunya, itu
berkembang menjadi ilmu canggih yang mampu digunakan sebagai alat metodologis
untuk menyelidiki berbagai masalah tentang manusia dan sifatnya. Namun karena
fleksibilitasnya, antropologi - seperti yang coba dilakukan oleh makalah ini -
juga dapat digabungkan ke dalam ilmu-ilmu Islam seperti tasawuf, yang tidak
lain adalah dimensi spiritual Islam.
Tulisan
ini, dengan mengacu pada pemikiran sufi yang berbasis di Surabaya Ahmad Asrori.
Disebut Antropologi Tasawuf, yaitu penggabungan antropologi, yang mewakili
rasionalitas dan tasawuf, yang mewakili spiritualitas
Dikutip
dari Abdul Kadir Riyadi, Ph.D dalam Jurnal The Concept Of Man In Ahmad
Asrori’s Anthropology Of Tasawuf
Agar
pembaca dapat mengulas lebih jauh, berikut kami lampirkan versi luring
(offline) pada link pdf di bawah ini.
0 komentar:
Posting Komentar