Pages

Sabtu, 14 Desember 2019

Urgensi Bahasa Arab Sebagai Bahasa Peradaban

Sumber gambar: wanitashalihah.com

Di antara salah satu keistimewaan bahasa Arab adalah banyaknya kosakata dan luasnya makna yang dimilikinya, ini dengan mudah bisa kita amati dari tebalnya mu’jam-mu’jam bahasa Arab yang disusun oleh pakar-pakar linguistik Arab klasik, bahkan ada yang mengatakan jumlah kosakata Arab mencapai 12 juta 300 an ribu kata (bandingkan dengan kosakata bahasa Inggris yang hanya mencapai 600 an ribu).

Hal ini dengan sendirinya menjadikan bahasa Arab menjadi sangat ringkas dan padat, serta mampu menampilkan makna dengan detail tanpa menambah kata lain sebagai keterangan. 

Ibnu Sinan al Khofaji pernah berkata dalam kitab Sirrul Fashohah,

Siapapun yang meneliti berbagai bahasa, ia tidak menemukan -sebatas yang saya dengar- bahasa yang menandingi bahasa Arab dalam banyaknya nama untuk satu benda… disamping keluasan dan banyaknya kosakata, bahasa Arab juga bahasa yang paling ringkas dalam menyampaikan makna, dan tidak ada ucapan bahasa yang dialih bahasakan ke bahasa Arab, kecuali versi bahasa Arabnya lebih ringkas dibanding bahasa pertama…

Syaikh Al Ghulayaini mengatakan, bahwa untuk memahami bahasa Arab sebagai bahasa Alquran dan hadith Nabi saw. Dengan baik, dibutuhkan 13 (tiga belas) macam ilmu, yaitu sharaf, I’rab (Nahwu), Rasm, Ma’ani, Bayan, Badi’, Arudl, Qawafi, Qardi al-Syi’ir, Insya’, Lughah. Ilmu Sharaf untuk mempelajari bentuk-bentuk kata (abniyat al-alfadz) sebelum dirangkai menjadi sebuah kalimat. Ilmu Nahwu untuk mempelajari cara baca (I’rab) kata yang telah dirangkai dalam sebuah kalimat. Ilmu Bayan (Balaghah dalam istilah ulama mutaakhirin) mempelajari 3 ilmu, yaitu Ma’ani, Bayan, dan Badi’.

Tercatat ada lima ratusan kata yang dipakai untuk mengungkapkan singa dan pedang, ada puluhan kata yang mengungkapkan makna berjalan, lapar, warna, makan, dan lain-lain.

Dikutip dari islami.co

Berikut kami lampirkan buku Uslub pdf pada link download di bawah ini.

0 komentar:

Posting Komentar

Senata.ID -Strong Legacy, Bright Future

Senata.ID - Hidup Bermanfaat itu Indah - Orang boleh pandai setinggi langit, tapi selama ia tidak menulis, ia akan hilang dalam masyarakat & sejarah. Menulis adalah bekerja untuk keabadian -Pramoedya Ananta Toer