Pages

Jumat, 20 Desember 2019

Prooceding of The International Conference on Muslim and Society and Thought



Biarkan saya memberi Anda sedikit penjelasan tentang latar belakang konferensi ini. Konferensi ini diselenggarakan bersama oleh Universitas Islam Negeri Sunan Ampel di Surabaya dan Universiti Kebangsaan Malaysia.

Gagasan dibalik konferensi ini adalah kepentingan bersama kita dalam kebutuhan untuk memahami lebih baik sifat, masa depan dan nasib komunitas Islam kita di masa yang sangat sulit ini. Kami juga tertarik untuk mengembangkan teori-teori baru dan pandangan kritis terhadap lingkungan kami di mana agama Islam kami menjadi bagian darinya. Oleh karena itu konferensi ini bertujuan untuk menawarkan pemahaman baru tentang komunitas kita dan juga agama kita vis-à-vis modernitas. Ini juga bertujuan untuk menantang pandangan tidak kritis dan tidak simpatik tidak hanya tentang Islam tetapi juga pada agama-agama lain dan komunitas keagamaan pada umumnya.

Pada tataran praktis, kami berkumpul di sini untuk membangun komitmen tentang perlunya bekerja bersama untuk kemajuan komunitas Islam kami, tetapi juga untuk kemanusiaan pada umumnya. Para peneliti dan ilmuwan harus memiliki pandangan yang sama tentang bagaimana komunitas yang lebih baik dapat dicapai. Para ilmuwan seperti kita memiliki kewajiban moral untuk melakukan sesuatu untuk membangun masa depan yang lebih baik. Dan apa yang dapat kita lakukan untuk mencapai tujuan itu adalah untuk berbagi pandangan dan keahlian kita dan melihat bagaimana hal itu dapat diterapkan di lapangan. Singkatnya, kami berkumpul di sini untuk membangun platform intelektual di mana komitmen kami untuk memelihara komunitas Islam dapat dilakukan.

Pertemuan seperti ini adalah masalah yang mendesak, mengingat bahwa komunitas dan agama kita - seperti halnya yang lain - menghadapi tantangan yang berat dan berat. Apakah kita bisa selamat dari tantangan ini atau tidak sangat tergantung pada kemampuan kita untuk mengatur diri kita sendiri. Dua hal harus dilakukan untuk bertahan dari tantangan. Pertama adalah menggali potensi komunitas Islam sedemikian rupa agar mereka siap menghadapi tantangan tersebut. Komunitas kami tidak bisa tinggal diam dan pasif di saat-saat sulit seperti ini. Kedua, adalah menggali lebih dalam isi epistemologis agama kita sehingga memberikan landasan teoretis dan metafisik yang kuat bagi komunitas kita untuk bertindak sesuai dengan itu. Karenanya nama konferensi kami adalah, Konferensi Internasional tentang Masyarakat Muslim dan Pemikiran.

Kami berharap Anda menikmati masa tinggal Anda di Surabaya dan konferensi ini. Kami sama-sama berharap bahwa Anda akan mendapat manfaat dari konferensi ini. Dengan senang hati kami menyelenggarakan konferensi ini dan menjadi tuan rumah bagi Anda semua. Jadi, jadilah tamu kami. Terima kasih banyak.

Dikutip dari Abdul Kadir Riyadi, Ph.D dalam pengantar Prooceding of The International Conference on Muslim and Society and Thought

Agar pembaca dapat mengulas lebih jauh, berikut kami lampirkan versi luring (offline) pada link pdf di bawah ini.

0 komentar:

Posting Komentar

Senata.ID -Strong Legacy, Bright Future

Senata.ID - Hidup Bermanfaat itu Indah - Orang boleh pandai setinggi langit, tapi selama ia tidak menulis, ia akan hilang dalam masyarakat & sejarah. Menulis adalah bekerja untuk keabadian -Pramoedya Ananta Toer