Pages

Selasa, 02 April 2019

Islam Nusantara


Sumber gambar: alif.id
Musyawarah, wakil, adab merupakan kata serapan yang terambil dari bahasa arab, tiga kata ini tidak memiliki perbedaan kata dari bahasa aslinya. Umum dan khusus juga pada hakikatnya berasal dari bahasa arab yang mengalami sedikit perubahan. Dari sini pengaruh bahasa arab terhadap bahasa nusantara tampak kental. Padahal dari segi sejarah, bangsa yang jelas menduduki Indonesia  justru berasal dari daratan Eropa, Belanda, baru kemudian Jepang.

Oleh sebab itu pengaruh bahasa arab pada akhirnya diduga kuat berasal dari penyebaran agama Islam yang merambah Nusantara sebelum Zaman penjajahan. Meskipun demikian, corak agama Islam di Indonesia sekarang ini diduga identik dengan warna Nusantara, misalnya sangat toleran, ada beragam budaya yang direstui oleh Islam, berbeda dengan apa yang ada di jazirah Arab. Hal ini kemudian disambut dengan penyebutan bahwa di Indonesia Islam sudah menjelma menjadi Islam Nusantara. Hal ini tentu saja menjadi kontradiktif. 

Interaksi antara Islam dan Nusantara memang sudah sah. Namun siapa yang mewarnai dan siapa yang diwarnai adalah persoalan yang berusaha dijawab dalam ebook ini. Dengan gaya bahasa yang tidak terlalu rumit, ebook ini diharapkan mampu mencerahkan pembacanya.

0 komentar:

Posting Komentar

Senata.ID -Strong Legacy, Bright Future

Senata.ID - Hidup Bermanfaat itu Indah - Orang boleh pandai setinggi langit, tapi selama ia tidak menulis, ia akan hilang dalam masyarakat & sejarah. Menulis adalah bekerja untuk keabadian -Pramoedya Ananta Toer