Pages

Rabu, 19 Februari 2020

Ilmu Sosial: Sebuah Pendekatan Dalam Metodologi Sejarah

Sumber gambar: dictio.id


Suatu penulisan sejarah membutuhkan buku pegangan metodologi sejarah, bila penulis ingin mempertanggungjawabkan karyanya secara ilmiah. Hingga kini di Indonesia, kita belum memiliki buku pegangan metodologi sejarah yang ditulis asli dalam bahasa Indonesia. Baru sekarang inilah (1992) pakar sejarah kita, Prof. Dr. Sartono Kartodirdjo yang sejak tahun 1950-an memelopori studi sejarah Indonesia dengan pemikiran-pemikiran baru, dan sejak tesisnya pada tahun 1966 memelopori penulisan sejarah Indonesia gaya baru, kembali menunjukkan kepeloporannya dengan menulis buku metodologi sejarah dengan judul Pendekatan llmu Sosial dalam Metodologi Sejarah.

Yang menonjol dalam buku ini ialah pergeseran penekanan dari kaidah historiografi konvensional dengan titik berat bidang politik, menuju ke historiografi gaya baru dengan pendekatan ilmu-ilmu sosial. Ilmu sejarah tetap merupakan ratu, tetapi kini memperoleh bantuan dari ilmu-ilmu sosial hingga penulisan lebih bernuansa (sosial, ekonomis, antropologis, atau kultural) dan memiliki kedalaman, tidak hanya "datar".

Para peminat sejarah, khususnya mereka yang berkecimpung dalam dunia pendidikan jurusan sejarah, para mahasiswa maupun para dosen, perlu memiliki dan mempergunakan buku pegangan ini.

Dikutip library.fis.uny.ac.id

Agar pembaca dapat mengulas lebih jauh tema pembahasan di atas, maka kami lampirkan versi luring (offline) Pendekatan Ilmu Sosial Dalam Metodologi Sejarah pdf di bawah ini.

0 komentar:

Posting Komentar

Senata.ID -Strong Legacy, Bright Future

Senata.ID - Hidup Bermanfaat itu Indah - Orang boleh pandai setinggi langit, tapi selama ia tidak menulis, ia akan hilang dalam masyarakat & sejarah. Menulis adalah bekerja untuk keabadian -Pramoedya Ananta Toer