Pages

Sabtu, 16 Mei 2020

Jihad Perempuan Milenial


Sumber gambar: satelitpost.com

Mannheim dalam tulisannya yang berjudul “The Problem of Generation” mengajukan satu teori tentang generasi. Menurutnya, manusia-manusia di dunia ini akan saling mempengaruhi dan juga membentuk karakter yang sama, karena mereka melewati masa atau zaman yang sama. Misalnya, dahulu orang-orang di masa perjuangan kemerdekaan dan generasi setelah kemerdekaan pasti memiliki perbedaan karakter, namun demikian keduanya saling mempengaruhi.

Maka dari itu, para sosiolog bersepakat dalam memetakan generasi-generasi manusia. Di antaranya seperti,
1.    Generasi Era Depresi
2.    Generasi Perang Dunia II
3.    Generasi Pasca-PD II
4.    Generasi Baby Boomer I
5.    Generasi Baby Boomer II
6.    Generasi X
7.    Generasi Y alias Milenial
8.    Generasi Z

Jenis-jenis generasi di atas umumnya dibagi berdasarkan rentang tahun kelahiran, dan beberapa ahli menentukan angka kelahiran ini dengan bermaCammaCam, namun perbedaannya tidak terlalu jauh.

Misalnya, generasi Z (yang merupakan generasi yang lahir setelah generasi milenial) oleh Tim Agen Pemasaran Sparks and Honey ditentukan sebagai manusia yang lahir dari tahun 1995 sampai 2014.

Sedangkan Badan Statistik Kanada menyebutkan generasi Z ialah yang lahir dari tahun 1993 sampai 2011. Menurut McCrindle Research Centre asal Australia ialah yang lahir dari 1995 sampai 2009.

Tapi, terlepas dari angka-angka di atas, kita patut sepakat bahwa generasi Z ini ialah orang-orang yang lahir ketika kecanggihan teknologi berkembang pesat, dan tentu saja, mengalami dahsyatnya kemajuan internet.

Nah hari ini, bila kita tentukan bahwa generasi Z ialah kelahiran 1993 sampai 2014, maka orang-orang yang paling tua di generasi Z pada tahun 2018 adalah 25 tahun, sudah mulai beranjak dewasa dan sudah berstatus sebagai emak-emak baru, serta masih besar dipengaruhi oleh generasi sebelumnya.

Dikutip dari Buku Jihad Perempuan Milenial.

Agar Pembaca dapat mengulas tema di atas lebih dalam, kami lampirkan versi luring (offline) pdf pada link di bawah ini.

0 komentar:

Posting Komentar

Senata.ID -Strong Legacy, Bright Future

Senata.ID - Hidup Bermanfaat itu Indah - Orang boleh pandai setinggi langit, tapi selama ia tidak menulis, ia akan hilang dalam masyarakat & sejarah. Menulis adalah bekerja untuk keabadian -Pramoedya Ananta Toer