Pages

Sabtu, 16 Mei 2020

Laskar Jihad: Islam, Militansi dan Pencarian Identitas di Era Post-Orde Baru Indonesia


Sumber gambar: id.wikipedia.org

Studi ini menganalisis sejarah intelektual dan politik Laskar Jihad, kelompok paramiliter Muslim paling spektakuler yang muncul di Indonesia setelah jatuhnya rezim Orde Baru pada Mei 1998. Menggunakan kerangka kerja interpretatif yang berasal dari teori gerakan sosial dan politik identitas, studi ini memaparkan akar-akar kelompok dan transformasinya menjadi gerakan jihadis yang militan. Berdasarkan penelitian lapangan yang luas, berbagai wawancara dan studi literatur gerakan, studi ini menunjukkan bahwa keberadaan Laskar Jihad tidak dapat dipisahkan dari kampanye global Arab Saudi yang sangat ambisius untuk Wahhabisasi umat Islam. Beroperasi di bawah panji gerakan dakwah Salafi transnasional, kampanye ini telah berhasil menyebarkan pesan Wahhabi di seluruh dunia. Dampak dari kampanye ini telah dirasakan di Indonesia sejak pertengahan tahun 1980-an, yang mencerminkan keberhasilan para pendukung gerakan ini untuk menarik sejumlah besar pengikut dan membangun arus aktivisme Islam eksklusif.

Studi ini membahas bagaimana perkembangan cepat gerakan Salafi bertepatan dengan meningkatnya ketegangan di antara para protagonisnya yang disebabkan oleh meningkatnya persaingan mereka untuk menjadi perwakilan sah gerakan tersebut. Fragmentasi dan konflik di kalangan Salafi menjadi tak terhindarkan. Aktor utama gerakan ini adalah Ja'far Umar Thalib, seorang kader khas Islamisme yang tumbuh dalam suasana puritan al-Irsyad dan Persis, dua organisasi Muslim reformis di Indonesia. Militansinya matang di Pakistan, dan dia pergi ke Afghanistan untuk bertarung dengan mujahid Afghanistan. Sekembalinya, ia segera membenamkan dirinya dalam aktivisme Salafi, memberikan ceramah dan khotbah di pusat-pusat pengajaran Salafi yang tersebar di berbagai kota di Indonesia. Didukung oleh penelitian lebih lanjut dengan Muqbil ibn Hādī al-Wādi‘ī dari Yaman, ia dengan cepat muncul sebagai otoritas gerakan yang paling terlihat dan terkemuka.

Memanfaatkan jaringan yang sudah ada sebelumnya dan ikatan antarpribadi yang dibentuk melalui aktivisme dalam gerakan Salafi, Ja'far Umar Thalib memobilisasi ribuan Salafi dan calon mujahid lainnya untuk bergabung dengan Laskar Jihad. Melalui retorika konspirasi menyalahkan kekuatan Zionis dan Kristen internasional untuk eskalasi konflik Maluku, ia menciptakan dalih untuk tindakan kolektif yang mendorong perubahan analitis dari individu ke kelompok. Berdasarkan dalih ini, yang diperkuat dan dilegitimasi oleh fatwa-fatwa dari otoritas keagamaan terkemuka di Timur Tengah, kaum Salafi membenarkan tindakan mereka dan menciptakan identitas kolektif baru sebagai pahlawan bagi agama mereka dan sesama umat beriman dan sebagai patriot bagi negara tercinta mereka. Jadi, tidak mengherankan bahwa mereka bersaing satu sama lain untuk menjadi kapten kapal yang akan membawa mereka ke garis depan Maluku dalam upaya keras untuk menyerap diri dalam konflik komunal berlarut-larut yang berlarut-larut di pulau-pulau. Bagi para pemuda ini, jihad tampaknya tidak hanya menunjukkan komitmen mereka terhadap Islam tetapi juga cara untuk mengekspresikan kebencian dan frustrasi mereka dalam menghadapi modernisasi dan globalisasi yang cepat.

Dari April 2000 hingga bubar pada Oktober 2002, Laskar Jihad mengirim lebih dari 7.000 pejuang ke Maluku untuk menghadapi orang-orang Kristen. Episode singkat aktivisme jihad ini berutang banyak pada dukungan dari elit militer yang melihatnya sebagai kesempatan untuk menggunakan kelompok-kelompok Muslim militan untuk membalas terhadap Abdurrahman Wahid karena telah memecat mereka dari posisi-posisi penting militer. Namun ironisnya, sebagian besar pejuang Laskar Jihad adalah pejuang yang tidak memiliki keterampilan. Mereka pergi ke Maluku dengan pengalaman terbatas dan kemampuan bertarung yang belum teruji. Prestasi terbesar mereka mungkin terletak pada penciptaan propaganda yang berhasil memengaruhi opini publik melalui media. Mengingat fakta ini, penelitian ini berpendapat bahwa jihad yang dilakukan oleh Laskar Jihad dapat lebih akurat digambarkan sebagai drama: upaya oleh Salafi untuk menopang selfi-image (gambar diri) mereka sebagai pembela Islam yang paling berkomitmen, dan dengan demikian menempatkan identitas mereka pada peta Islam Indonesia.

Pendahuluan

Pada 21 Mei 1998 Indonesia menyaksikan runtuhnya rezim otoriter Orde Baru pimpinan Soeharto yang telah berkuasa selama lebih dari tiga puluh dua tahun. Peristiwa dramatis ini dipicu oleh krisis ekonomi Asia pada pertengahan 1997, yang menyebabkan kehancuran dramatis mata uang Indonesia, inflasi, pemecatan massal dan pengangguran. Ketika krisis semakin dalam, suara-suara perbedaan pendapat dan oposisi terhadap rezim meningkat. Kekecewaan dan frustrasi yang meluas memicu gelombang protes populer yang dipimpin oleh mahasiswa yang juga melibatkan para intelektual, profesional, aktivis dari organisasi non-pemerintah dan elemen-elemen lain dari masyarakat sipil Indonesia. Demonstrasi besar-besaran ini menyuarakan reformasi dan menuntut Soeharto dicopot. Menyusul kerusuhan berdarah yang menghantam Jakarta pada 14 dan 15 Mei 1998, ketika ratusan orang terbunuh dan banyak perempuan Cina diperkosa, Soeharto merilis pengunduran dirinya, dan kemudian wakil presiden BJ Habibie segera dilantik sebagai penggantinya.

Jatuhnya Soeharto terbukti menjadi terobosan demokratis yang menentukan. Di bawah presiden transisi Habibie (dan ternyata) dan penggantinya Abdurrahman Wahid, sebuah proses liberalisasi dan demokratisasi yang berjangkauan luas, ditambah dengan melemahnya kekuasaan negara, benar-benar mengubah lanskap politik. Berbagai ideologi, identitas, dan minat yang sebelumnya ditekan naik ke permukaan dan mengekspresikan diri. Mereka berkompetisi untuk ruang publik yang baru dibebaskan dan berjuang untuk mendapatkan dukungan rakyat. Paradoksnya, di beberapa provinsi di Indonesia, khususnya Kalimantan Barat dan Tengah, Nusa Tenggara Timur, Maluku dan Sulawesi Tengah, kerusuhan dan konflik komunal berkobar di sepanjang perpecahan agama, ras dan etnis. Dalam kurun waktu yang sangat singkat, konflik-konflik ini menelan ongkos ribuan nyawa dan membawa negara ini ke jurang perang saudara.

Selama masa transisi yang kacau dan kacau ini, sejumlah kelompok paramiliter Muslim dengan nama-nama seperti Laskar Pembela Islam (Pembela Islam) Pasukan), Laskar Jihad (Pasukan Perang Suci) dan Laskar Mujahidin Indonesia (Pasukan Pejuang Suci Indonesia) mencapai ketenaran dengan turun ke jalan untuk menuntut implementasi komprehensif syariah (hukum Islam), perampokan kafe, diskotik, kasino, rumah bordil dan sarang kejahatan terkenal lainnya, dan yang paling penting, menyerukan jihad di Maluku dan tempat-tempat masalah lainnya. Melalui tindakan ini, mereka mengkritik sistem politik, sosial dan ekonomi yang berlaku karena gagal menyelamatkan umat Islam Indonesia (komunitas umat beragama) dari krisis yang sedang berlangsung, sambil menunjukkan tekad mereka untuk memposisikan diri sebagai pembela Islam yang paling berkomitmen.

Kemekaran organisasi-organisasi ini telah melengkapi dan memfasilitasi pengembangan kelompok-kelompok pemuda main hakim sendiri yang serupa yang diorganisir oleh partai-partai politik, organisasi massa, dan rezim yang berkuasa. Di antara kelompok-kelompok ini adalah Barisan Pemuda Ka'bah (Pasukan Pemuda Ka'ba), Pam Swakarsa (Pasukan Keamanan Swalayan), Pendekar Banten (Pejuang Banten), Gerakan Pemuda Islam (Gerakan Pemuda Muslim, GPI) dan Front Hizbullah Bulan Bintang (Bagian Depan Tentara Dewa Bulan Sabit). Dalam mengekspresikan diri dan kepentingan mereka dalam ruang publik Indonesia, kelompok-kelompok ini berorganisasi dengan organisasi Muslim konservatif lainnya, seperti Komite Indonesia untuk Solidaritas Dunia Islam (Komite Indonesia untuk Solidaritas Dunia Muslim, KISDI), Jama’ah Ikhwanul Muslimin Indonesia (Community of Indonesian Muslim Brotherhood, JIM), Hizbut Tahrir Indonesia (Indonesian Islamic Party of Liberation, HT), Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (the United Action of Indonesian Muslim Students, Kammi) and Himpunan Aksi Mahasiswa Muslim antar-Kampus (Collaborative Action of University Muslim Students, Hammas).

Laskar Pembela Islam (LPI)

Laskar Pembela Islam adalah divisi paramiliter dari Front Pembela Islam (Front Pembela Islam, FPI), yang didirikan oleh Muhammad Rizieq Syihab (lahir 1965), seorang pemuda keturunan Hadrami yang lahir dalam keluarga sayyid yang mengklaim mereka adalah keturunan Nabi. Dia berkolaborasi dengan tokoh-tokoh terkemuka lainnya dalam jaringan sayyid, termasuk Idrus Jamilullail, Ali Sahil, Saleh al-Habsyi, Segaf Mahdi, Muhsin Ahmad Alatas dan Ali bin Alwi Ba'agil. Sebelum mendirikan organisasi ini, ia telah membuat nama sebagai seorang pengkhotbah agama terkenal di samping tugas sehari-harinya sebagai guru agama di sekolah Islam dari organisasi Jamiatul Khair Hadrami di Tanah Abang, Jakarta Pusat. Daerah ini dikenal sebagai salah satu pusat pengaruh sayyid terpenting di ibukota Indonesia. Masjid Kwitang di dekatnya berfungsi sebagai 'pusat politik' sayyid, tempat tokoh-tokoh kuat yang terkait dengan Orde Baru berafiliasi dengan diri mereka sendiri. Setelah lulus dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Islam dan Bahasa Arab (Lembaga Studi Islam dan Arab, LIPIA), sebuah lembaga pendidikan tinggi yang berbasis di Jakarta yang disponsori langsung oleh Arab Saudi, Muhammad Rizieq Syihab berkesempatan untuk melanjutkan studinya di Fakultas Tarbiyah di Universitas Imam Muammad ibn Sa'ūd di Riyad di bawah sponsor Organisasi Konferensi Islam (OKI).

Laskar Pembela Islam, sebagian besar, tidak didirikan atas dasar kelembagaan yang kuat. Grup ini diorganisasi secara longgar dengan keanggotaan terbuka. Sebagian besar anggota masjid berasal dari asosiasi pemuda yang tersebar di seluruh Jakarta dan sejumlah sekolah Islam (madrasah) di wilayah tersebut. Yang lain, terutama dalam pangkat dan arsip, adalah pemuda yang benar-benar tidak memiliki pekerjaan, termasuk mereka yang berasal dari kelompok preman (preman), yang bergabung untuk janji pembayaran untuk setiap tindakan. Pimpinan organisasi mendorong para anggota untuk mendengarkan ceramah keagamaan reguler yang diberikan oleh Muhammad Rizieq Syihab, yang secara konsisten menekankan pentingnya jihad dan semangat moto 'untuk hidup dengan mulia atau lebih baik mati dalam perang suci sebagai martir'. Dalam perjalanan kali, Laskar Pembela Islam berhasil memperluas jaringannya ke kota-kota di luar Jakarta, mengklaim telah mendirikan delapan belas provinsi dan lebih dari lima puluh cabang kabupaten dengan puluhan ribu simpatisan di seluruh Indonesia.

Namun, sebagai organisasi paramiliter, Laskar Pembela Islam memiliki sistem stratifikasi yang berbeda. Itu dibagi menjadi jundis (dari jundah Arab, secara harfiah berarti 'prajurit'), yang mirip dengan peleton, yang masing-masing terdiri dari dua puluh satu anggota. Setiap jundi dipimpin oleh ra'is (Ar-Rā'is, secara harfiah berarti 'pemimpin'), lebih rendah dari amir (Al- 'Amīr, secara harfiah berarti' penguasa '). Amir praktis adalah pemimpin Laskar Pembela Islam di tingkat kecamatan. Mereka berada di bawah qa‘id (Al-Qā‘id, secara harfiah berarti 'komandan'), yang melayani sebagai pemimpin di tingkat kabupaten, dan wali (Al-Wālī, secara harfiah berarti 'wali'), para pemimpin di tingkat provinsi. Semua wali berada di bawah imam (Al-Imām, kepala staf), yang kedua dari panglima, yang dikenal di antara para anggota sebagai imam besar, 'pemimpin besar'.

Laskar Pembela Islam pertama kali membuat kehadirannya terasa dalam sebuah demonstrasi massa pada 17 Agustus 1998, di mana ia dengan keras menantang elemen-elemen yang telah menolak Habibie sebagai penerus Soeharto. Itu menjadi kelompok yang paling aktif dalam melakukan apa yang disebut razia maksiat, penggerebekan pada wakil. Bersenjatakan tongkat, para anggota berulang kali menyerang kafe, diskotik, kasino, dan rumah bordil, meneriakkan slogan al-'amr bi al-ma'rūf wa al-nahy ‘an al-munkar, ungkapan Alquran yang berarti melakukan perbuatan baik dan sebaliknya. Dalam melakukan tindakan ini, mereka biasanya bergerak lambat, mendekati target mereka menggunakan truk terbuka. Mereka dengan cepat menghentikan kegiatan apa pun yang terjadi dan menghancurkan apa pun yang mereka temukan di sana. Tindakan ini tidak menimbulkan tantangan berarti dari agen keamanan.

Untuk menyuarakan tuntutan politiknya lebih keras, Laskar Pembela Islam mengorganisir lebih banyak demonstrasi massa. Merayakan ulang tahun pertamanya pada bulan Agustus 1999, ribuan anggota berbaris ke markas Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR). Mereka melambaikan spanduk dan poster yang mendukung upaya pemilihan Habibie, sementara dengan keras dan tegas mengutuk pencalonan presiden Megawati Soekarnoputri. Pada saat yang sama, mereka menuntut pemerintah membatalkan kebijakan asas tunggal, atau 'satu-satunya yayasan', yang mengharuskan semua organisasi politik dan sosial untuk menerima Pancasila, ideologi negara, sebagai satu-satunya dasar keberadaan mereka. Mereka bahkan menuntut MPR menegakkan Piagam Jakarta, yang dulunya dimaksudkan sebagai mukadimah konstitusi. Dalam dokumen ini pernyataan 'dengan kewajiban untuk melaksanakan syariah bagi penganutnya' ditambahkan pada prinsip pertama (Percaya pada Allah swt) Pancasila, yang akan memberikan status konstitusi hukum Islam.

Pada satu kesempatan, anggota Laskar Pembela Islam tanpa rasa takut menyerang Komisi Nasional Hak Azazi Manusia (Komisi Nasional Hak Asasi Manusia / Komnasham), yang dikutuk karena bertindak tidak adil terhadap Muslim dan mendukung orang Kristen. Pada saat itu, komisi sedang menyelidiki tindakan masa lalu dari jenderal-jenderal militer tertentu, terutama Menteri Pertahanan Wiranto, yang diduga melakukan pelanggaran HAM selama operasi militer di Timor Timur. Laskar Pembela Islam bahkan berani mengambil alih Kantor Gubernur Jakarta dan memaksa Gubernur Sutiyoso untuk mempertimbangkan kembali kebijakannya mengenai tempat-tempat hiburan. Mereka mengeluarkan ultimatum bahwa gubernur segera menutup sejumlah diskotek dan membatasi jam operasinya.

Laskar Jihad

Karakter longgar keanggotaan Laskar Pembela Islam membuatnya dapat dibedakan secara signifikan dari Laskar Jihad. Yang terakhir adalah kelompok paramiliter yang menyatukan para pemuda yang menyebut diri mereka Salafi, pengikut Salaf al6āli, leluhur yang saleh. Kelompok ini aktif di bawah organisasi payung Forum Komunikasi Ahlus Sunnah wal-Jama'ah (Forum untuk Pengikut Sunnah dan Komunitas Nabi), untuk selanjutnya disebut FKAWJ, yang pembentukannya secara resmi diresmikan dalam pertemuan massa agama yang gamblang, tabligh akbar, diadakan di Yogyakarta pada Januari 2000. Bahkan sebelum yayasan resmi, FKAWJ sudah ada. Ini berawal di Jama'ah Ihyaus Sunnah, yang pada dasarnya merupakan gerakan dakwah (penyebaran Islam) eksklusif yang berfokus pada kemurnian iman, tauhid, dan integritas moral individu selanjutnya.

Laskar Jihad didirikan oleh Ja'far Umar Thalib (lahir 1961) dan tokoh-tokoh terkemuka di kalangan Salafi termasuk Muhammad Umar As-Sewed, Ayip Syafruddin dan Ma'ruf Bahrun. Ja'far lahir dalam keluarga Hadrami yang aktif di al-Irsyad, sebuah organisasi Muslim modern yang didominasi oleh orang-orang Hadrama Indonesia. Sebelum belajar di LIPIA, ia telah terdaftar di sebuah pesantren, sebuah pondok pesantren, di bawah naungan organisasi modernis Muslim lainnya, Persatuan Islam (Persatuan Islam, Persis), di Bangil, Jawa Timur. Dia kemudian memperluas wawasannya ke dalam Islam dengan belajar di Islamic Mawdudi Institute di Lahore, Pakistan. Selama studinya di sana, ia memiliki kesempatan untuk pergi ke Afghanistan, yang pada saat itu sedang dalam perang yang panjang dan melelahkan melawan Uni Soviet. Dia mengklaim memiliki pengalaman yang luar biasa dari medan perang Afghanistan dengan berbagai faksi mujahid Afghanistan (pejuang suci). Pengalaman heroik ini kemudian diperkuat oleh 'perjalanan akademisnya' ke Timur Tengah untuk belajar dengan otoritas keagamaan terkemuka, khususnya Muqbil ibn Hādī al-Wadi di Yaman.

Laskar Jihad didirikan sebagai perpanjangan dari Divisi Khusus FKAWJ, yang kantor pusatnya berlokasi di Yogyakarta, dengan cabang-cabang provinsi dan kabupaten tersebar di hampir setiap provinsi di Indonesia. Divisi ini pada awalnya dibentuk sebagai unit keamanan untuk FKAWJ, khususnya, untuk menjaga aktivitas publiknya. Menjadi model organisasi militer, Laskar Jihad terdiri dari satu brigade yang dibagi menjadi batalion, kompi, peleton, tim, dan satu bagian intelijen. Empat batalionnya termasuk yang dimiliki Abu Bakar al-Siddīq, ‘Umar bin Khaab,‘ Uthmān bin ‘Affān, dan‘ Alī bin Abi Tālib. Setiap batalion memiliki empat kompi, masing-masing kompi empat peleton dan masing-masing peleton masing-masing tiga tim dengan sebelas anggota. Ja'far Umar Thalib sendiri diangkat sebagai panglima dan dibantu oleh sejumlah komandan lapangan. Simbol dari kelompok ini adalah dua pedang bersilang di bawah tulisan ‘Lā ilāha illa Allāh, Muammad Rasūl Allāh’ (‘Tidak ada Tuhan selain Allah dan Muhammad adalah utusan-Nya).

Laskar Jihad menarik perhatian publik ketika mengadakan Tabligh Akbar di Stadion Utama Senayan di Jakarta pada awal April 2000. Dihadiri oleh sekitar sepuluh ribu peserta, tabligh akbar ini mengecam 'bencana' yang menimpa umat Islam Maluku, yang dianggap terancam oleh genosida. Untuk menangkal ancaman itu, Ja'far Umar Thalib, sebagai panglima tertinggi, menyatakan perlunya jihad bersenjata. Dia secara terbuka menyatakan tekadnya untuk berdiri bahu membahu dengan Muslim Maluku yang berperang melawan musuh-musuh Kristen. Selanjutnya, ia mendirikan kamp pelatihan paramiliter di Bogor, selatan Jakarta. Apa yang disebut pelatihan paramiliter bersatu diselenggarakan di bawah pengawasan mantan anggota resimen mahasiswa (resimen mahasiswa) dan veteran Perang Afghanistan, Moro dan Kashmir. Dilaporkan bahwa pelatihan juga melibatkan beberapa personil militer.

Faktanya, Laskar Jihad muncul sebagai kelompok terbesar dan terorganisir yang mengirim pejuang jihad sukarela ke Maluku. Mereka mengklaim telah mengirim lebih dari tujuh ribu pejuang selama periode dua tahun. Dikerahkan di berbagai tempat untuk menghadapi orang-orang Kristen, kehadiran mereka tidak diragukan lagi mengubah peta konflik komunal yang sedang berlangsung di pulau-pulau. Didorong oleh semangat jihad yang dibawa oleh para pejuang ini, Muslim Maluku tampaknya menjadi lebih agresif dalam serangan mereka terhadap orang-orang Kristen, percaya bahwa saatnya telah tiba untuk membalas dendam mereka. Laskar Jihad memperkuat keberadaannya di pulau-pulau dengan mengatasi masalah sosial dan menyebarkan pesan agama. Tidak hanya mendirikan taman kanak-kanak Islam, sekolah dasar dan kursus-kursus pembacaan Al-Quran, tetapi juga pergi dari rumah ke rumah untuk mengabar kepada orang-orang secara langsung. Kemudian, ia berusaha memperluas zona jihadnya dengan mengirim ratusan pejuang ke Poso, Sulawesi Tengah. Meskipun upaya ini gagal, para pejuangnya bahkan mencoba untuk mendarat di Papua Barat dan Aceh.

Seperti Laskar Pembela Islam, Laskar Jihad berulang kali memicu kerusuhan jalanan. Atas nama penerapan sharī membersa, para anggotanya menyerang kafe, rumah bordil dan sarang perjudian di beberapa kota. Karena seruan untuk penerapan syariah telah menjadi lebih lancar diartikulasikan di seluruh negeri, mereka bahkan memungut hukuman rajm pada seorang pejuang yang melakukan pemerkosaan dan melempari dia dengan batu sampai mati. Mereka turun ke jalan untuk memprotes sejumlah kebijakan Abdurrahman Wahid, seperti usulannya untuk mencabut keputusan MPR yang melarang Partai Komunis Indonesia (Partai Komunis Indonesia, PKI). Laskar Jihad menganggap dia gagal menjalankan tugasnya sebagai pemimpin Muslim dan membiarkan negaranya terjebak dalam konspirasi yang diyakini sebagai karya Barat dan Zionisme Israel.

Dikutip dari Disertasi berjudul Laskar Jihad: Islam, Militansi, dan Pencarian Identitas di Era Post-Orde Baru Indonesia oleh Prof. Noorhaidi Hasan, S.Ag., MA., M.Phil., Ph.D (Guru Besar dan Direktur Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta)

Agar Pembaca dapat mengulas tema di atas lebih dalam, kami lampirkan versi luring (offline) pdf pada link di bawah ini.

0 komentar:

Posting Komentar

Senata.ID -Strong Legacy, Bright Future

Senata.ID - Hidup Bermanfaat itu Indah - Orang boleh pandai setinggi langit, tapi selama ia tidak menulis, ia akan hilang dalam masyarakat & sejarah. Menulis adalah bekerja untuk keabadian -Pramoedya Ananta Toer