Pages

Senin, 16 Maret 2020

Menjadi Independen dan Sejahtera

Sumber gambar: wartaekonomi.co.id

 “Jika anda ingin naik ke strata ekonomi yang lebih tinggi, satu hal yang harus diingat: jangan pernah bergantung pada apapun. Jangan bergantung pada boss. Jangan bergantung pada pemerintah. Bergantunglah hanya pada diri anda dan Tuhan YME”

Mengganti uang dengan waktu menggunakan tenaga kita nama lainya adalah bekerja. Mulai dari bekerja di level yang paling bawah non skill labour sampai high caliber professional semuanya sama. Selama kita bekerja dengan orang lain, selama kita bekerja membangun kerajaan orang lain status kita adalah “dependent”.
Bergantung dengan sesuatu.

Misalnya kita adalah pegawai swasta, bagian pemasaran. Ketika terjadi perubahan corporate action dalam perusahaan kita bekerja, dari retail menjadi digital. Mendadak anda bisa “un-employ” alias menganggur, karena banyak tenaga manusia di gantikan teknologi.

Disebut “dependent” Karena kita bergantung dengan perusahaan kita bekerja. Bergantung kepada keputusan top manajemen strategi. Strategi tepat perusahaan bertumbuh, strategi gagal perusahaan bangkrut.

Saat ini di Indonesia kaum pekerja ini lebih dari 40 juta orang. Mereka di sebut pegawai, kaum pekerja. Mulai dari “blue collar worker” atau buruh kerja secara fisik, hingga “white collar worker” atau para pekerja professional di kantoran yang lebih mengutamakan ketrampilan,jaringan bisnis, ilmu pengetahuan dan pikiran berstrategi.

Sekali lagi, hampir semua termasuk kategori “dependent”, kebergantungan. Saya katakan hampir semua karena masih ada lagi yang membedakan diantara mereka, yaitu mereka yang punya “proven track record” akan mudah mendapatkan pekerjaan baru dikala perusahaan lama, tutup, bangkut, pindah corporate action. Mereka dengan cepat bisa mendapatkan “income “ lagi, walau masih bergantung juga tetapi cepat, nganggur nya ngak lama.

Disisi bawah, yang un-skill dan un-educated ditambah lagi mereka dependent maka kelompok ini sangat sulit untuk survive jangka panjang. Kompetisi mereka banyak. Lapangan kerja terbatas sekali di level ini.

Jadi, sekarang bagaimana kunci sukses-nya? Jika seseorang berada di strata terbawah, maka lakukan hal berpindah strata, jadi skill, educated dan “independent”. 

Syarat yang harus di ingat : keberpindahan strata ini dari bawah ke atas tadi, jangan bergantung pada boss, jangan bergantung pada siapapun, jangan bergantung pada Negara, jangan bergantung sama apapun, gantungkan hanya pada diri anda dan Tuhan.

Dikutip dari buku Millionaire Mindset Science To Get Rich.

Agar pembaca dapat mengulas lebih jauh tema pembahasan di atas, maka kami lampirkan versi luring (offline) buku Millionaire Mindset Science To Get Rich pdf di bawah ini.

0 komentar:

Posting Komentar

Senata.ID -Strong Legacy, Bright Future

Senata.ID - Hidup Bermanfaat itu Indah - Orang boleh pandai setinggi langit, tapi selama ia tidak menulis, ia akan hilang dalam masyarakat & sejarah. Menulis adalah bekerja untuk keabadian -Pramoedya Ananta Toer