Pages

Minggu, 09 Juni 2019

Konsep Tarbiyah, Ta’lim, Ta’dib dalam Pendidikan Islam


sumber gambar: santrinow.com
Istilah yang sering dirujuk untuk merumuskan konsep pendidikan Islam adalah term "tarbiyah". Sebenarnya di kalangan Muslim sekurang-kurangnya terdapat tiga istilah yang mungkin digunakan untuk menandai atau mengacu konsep pendidikan, yaitu tarbiyah, ta'lim dan ta'dib. Namun dengan pertimbangan yang belum jelas, istilah yang sekarang sering dipakai dan berkembang secara umum di dunia Arab dan Islam pada umumnya adalah tarbiyah.

Salah satu bentuk penggunaannya terlihat pada penamaan fakultas-fakultas pendidikan dengan Kulliyat al-Tarbiyah, atau yang di Indonesia disebut dengan Fakultas Tarbiyah. Apakah kata yang disebut terakhir ini, tarbiyah, sudah representatif untuk merekonstruksi konsep pendidikan Islam yang sebenarnya dan yang dikehendaki oleh Islam itu sendiri, apakah kandungan makna istilah tersebut yang dikehendaki Islam itu sendiri, apakah kandungan makna istilah tersebut secara semantik. Mengapa justru kata itu yang banyak dipakai untuk mambangun konsep pendidikan Islam, tidak istilah lainnya, ta'lim atau ta'dib. Inilah diantara pertanyaan-pertanyaan yang harus dicari jawabannya.

Tulisan ini tidak dimaksudkan untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan di atas secara spesifik apalagi menggugat salah satu istilah yang terlanjur go public itu, melainkan hendak menjelaskan persoalan sesuai dengan proporsinya, tentu sesuai dengan keterbatasan penulisnya dalam bidang ini. Penggunaan istilah tarbiyah, meskipun sudah berlaku umum, ternyata masih merupakan maslah yang kontroversial. Di antara pakar pendidikan Islam kontemporer ada yang cenderung menggunkan istilah ta'lim atau ta'dib sebagai penggantinya. Apa sebenarnya makna istilah-istilah kunci bagi pendidikan tersebut. Berikut ini akan dikemukakan makna-makna berikut argumentasi serta bantahan dari para pendukung dan penentangnya.

Berikut kami sertakan link jurnal di bawah ini yang membahas lebih dalam artikel tentang tarbiyah, ta’lim dan ta’dib.

0 komentar:

Posting Komentar

Senata.ID -Strong Legacy, Bright Future

Senata.ID - Hidup Bermanfaat itu Indah - Orang boleh pandai setinggi langit, tapi selama ia tidak menulis, ia akan hilang dalam masyarakat & sejarah. Menulis adalah bekerja untuk keabadian -Pramoedya Ananta Toer