Konsep pendidikan Islam memang tiada
henti untuk dirumuskan mengingat zaman yang selalu berubah. Sehingga pemikiran
seorang tokoh perlu dikaitkan dengan konsep pendidikan Islam agar kontekstual
terhadap suatu masa.
Adapun tujuan penelitian ini adalah
untuk mengetahui hakikat pendidikan Islam dan pemikiran Syed Muhammad Naquib
al-Attas tentang pendidikan Islam dengan jenis penelitian yaitu penelitian
kepustakaan dengan metode penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif dalam
usaha untuk mengungkap pemikiran Syed Muhammad Naquib al-Attas tentang
pendidikan Islam sebagaimana adanya.
Pendekatan yang dipakai dalam
penelitian ini menggunakan pendekatan pragmatik dengan sumber data primer
berupa karya-karya Syed Muhammad Naquib al-Attas dan sumber data sekunder berasal
dari jurnal, buku, artikel, makalah dan hasil-hasil penelitian lainnya yang
relevan dengan fokus penelitian ini.
Teknik pengumpulan data menggunakan
dokumentasi berbagai literatur yang selanjutnya dianalisis dengan berbagai
langkah yaitu: deskripsi, interpretasi dan koherensi intern. Hasil penelitian
ini adalah (1) bahwa hakikat pendidikan Islam itu membimbing pengembangan
potensi diri manusia yang berlandaskan nilai-nilai Islam yang bersumber kepada
al-Qur`an, hadis dan ijtihad. (2) pemikiran Syed Muhammad Naquib al-Attas
tentang pendidikan Islam yaitu mendefinisikan pendidikan Islam identik dengan
makna substantif dari kata ta’dib, karena di dalam ta’dib bermakna adanya suatu
pengajaran, pengetahuan, pengasuhan, dan pendidikan; merumuskan suatu tujuan
pendidikan Islam untuk membentuk dan menghasilkan manusia-manusia yang baik;
merumuskan kurikulum pendidikan Islam yang seharusnya menggambarkan manusia dan
hakikatnya; dan memberikan dua model metode pendidikan Islam yakni metode
tauhid dan metode metafora serta cerita
Sumber:
Jurnal, ” Pemikiran
Syed Muhammad Naquib Al-Attas Tentang Pendidikan Islam ”, Mohammad Ahyan Yusuf
Sya’bani.
Berikut
versi luring (offline) pembaca bisa mendownload link pdf di bawah ini
0 komentar:
Posting Komentar