Pages

Selasa, 04 Juni 2019

Peran dan Kontribusi Imam Al Ghazali dalam Perdamaian dan Harmoni Dunia



Era global sekarang sangat memperihatinkan, terutama berkembangnya proxy war yang sangat luas yang bukan hanya berakibat terjadinya eskalasi permusuhan melalui media, tetapi sudah menurun menjadi konflik fisik antarbangsa dan negara, tak terkecuali negara-negara Islam. Adalah sangat memilukan bagaimana orang yang sama-sama berpegang kepada Kitab Suci al-Qur`an yang menyebarkan ajaran rahmat bagi alam semesta, raḥmatan li al-‘ālamīn, justru saling membunuh yang menimbulkan korban tak berdosa dalam jumlah sangat besar. Pendekatan diplomatik, pendekatan ekonomi, pendekatan politik, dan pendekatan lainnya sudah sering dilakukan, tetapi hasilnya belum memuaskan. Perbedaan cara pandang, cara berfikir, dan perbedaan kepentingan sering membuat substansi masalah tidak memperoleh perhatian utama.

Pengalaman sejarah menunjukkan bahwa kearifan lebih efektif digunakan sebagai problem solving dibanding logika murni. Dalam hal sejarah Islam, ilmu tasawuf telah terbukti sangat efektiF dalam memberikan kesejukan batin dan disiplin syariah sekaligus. Dalam hal ini, di kala berkembang berbagai aliran baru dalam memahami Islam, Imam al-Ghazali yang digelari sebagai Ḥujjjat alIslām berjasa dalam mendamaikan antara tasawuf dan syari`at sehingga tasawuf dapat diterima oleh sebagian besar umat Islam.

Mengingat tasawuf berdimensi suluky dan falsafy sekaligus, maka kajian tasawuf harus selalu diaktualkan, baik di kalangan akademisi maupun di kalangan Pesantren. Dengan kajian tasawuf yang aktual maka nilai-nilai tasawuf dapat menyelinap ke dalam interaksi sosial politik secara nasional, regional maupun global yang ujungnya membangun harmoni global.

Dikutip dari kata pengantar Prof. Dr. Achmad Mubarok, M.A., (Ketua OC Seminar International Tasawuf Imam Ghazali & Ketua Senat Guru Besar Universitas Islam Assyafi`iyyah Jakarta)

Berikut kami sertakan link pdf di bawah ini ulasan lebih lengkap tentang proceeding peran dan kontribusi Imam Al Ghazali dalam Perdamaian Dunia.

0 komentar:

Posting Komentar

Senata.ID -Strong Legacy, Bright Future

Senata.ID - Hidup Bermanfaat itu Indah - Orang boleh pandai setinggi langit, tapi selama ia tidak menulis, ia akan hilang dalam masyarakat & sejarah. Menulis adalah bekerja untuk keabadian -Pramoedya Ananta Toer