Pages

Kamis, 08 Agustus 2019

Cintailah Dirimu


Sumber gambar: asy-syariah.com
Banyak dari kita yang sampai saat ini terlihat lebih mudah mencintai orang lain dibandingkan dengan mencintai diri sendiri. Padahal kita sangat perlu untuk mencintai diri sendiri. Alasan manusia harus mencintai dirinya sendiri adalah agar memiliki hidup yang lebih berkualitas, berfikiran positif, dan selalu dalam keadaan bahagia. 

Dalam dunia psikologi mencintai diri sendiri merupakan hal yang benar dari pandangan tertentu dan hal yang salah dari pandangan tertentu lainnya. 

Psikologi mempelajari banyak kemungkinan sikap dan sifat manusia serta karakter dan respon manusia baik dilihat dari masing-masing personalnya ataupun dilihat ketika berkomunikasi dengan orang lain. Berikut saya jelaskan 7 cara pentingnya mencintai diri sendiri, yaitu:

1.    Bersyukur
Hal terpenting dalam mencintai diri sendiri adalah di point ini, sudahkah kita berterimakasih pada diri sendiri atas apa yang telah Tuhan berikan? Jika kita tidak berterimakasih apalagi dengan orang lain?

Tangan tanpa jemari yang lengkap, permasalahan hidup yang berat, mental yang terganggu, sehingga akan menyebabkan rasa tidak percaya diri atau bahkan hingga memutuskan untuk bunuh diri.

Cobalah mulai sekarang untuk bersyukur dengan apa yang sudah dimiliki dan menjaganya, sehingga akan timbul rasa untuk mencintai diri sendiri serta anda dengan mudahnya melakukan berbagai kegiatan positif lainnya.

2.    Luangkan Waktu

Cara ini sering terlupakan oleh banyak manusia, terlalu banyak kegiatan yang dilakukan sehari-hari mengakibatkan kurangnya waktu untuk sekedar me-time. Padahal kegiatan ini bertujuan baik yaitu dapat merefresh otak kembali dari kegiatan padat seharian dan membuat anda semakin percaya diri untuk melanjutkan kegiatan di esok hari sehingga rasa mencintai diri sendiri akan tertanam dalam diri anda. Sebenarnya sangat mudah untuk meluangkan waktu untuk diri sendiri, contohnya adalah dengan berbelanja sesuai keinginan, menonton film kesukaan, atau bahkan makan makanan yang disukai.

3.    Jujur pada diri sendiri

Pernah tidak terfikir untuk tidak membohongi diri sendiri dalam berbagai hal? Tentu sebagai manusia seringkali kita membohongi diri sendiri seperti menyakinkan diri bahwa dapat melakukan hal-hal yang sebenarnya tidak mampu dilakukan. 

Tidak salah memang untuk membohongi diri sendiri dalam beberapa keadaan, namun coba biasakan untuk jujur pada diri sendiri atas segala apapun yang terjadi dalam hidup, itu adalah salah satu upaya dalam mencintai diri sendiri yang sederhana namun sulit untuk dilakukan.

4.    Maafkan diri sendiri

Setelah jujur terhadap diri sendiri, cara ini juga termasuk bentuk penting dalam mencintai diri sendiri. Sering kali kita membuat kesalahan dan lupa untuk memaafkan diri sendiri. Dilihat dari teori psikologinya memaafkan diri sendiri adalah hal tersulit karena berperang dengan diri sendiri. Cara memaafkan diri sendiri adalah dengan tidak menghukum diri seperti orang bersalah, coba fikirkan terlebih dahulu alasan diri anda melakukan kesalahan.

5.    Perluas Pertemanan

Memperluas pertemanan bisa membantu kita untuk lebih mencintai diri sendiri dibandingkan sebelumnya. Melihat teman-teman baru yang senang bercerita dan berkomunikasi dengan diri kita serta mengetahui masing-masing kelebihan dan kekurangan membuat kita merasa dicintai dan lebih menghargai diri sendiri.

Untuk itu penting memperluas pertemanan, meskipun tidak semua orang yang kita temui baik, namun anda berhak mengenal orang yang lebih baik. Akan semakin bahagia bukan jika memiliki teman yang akrab dan dekat dengan kita?.

6.    Menghargai tubuh sendiri

Sering kali kita merasa tidak percaya diri dengan apa yang telah kita miliki, mungkin seperti perut buncit, hidung pesek, badan pendek, ataupun kulit hitam. Padahal sejatinya itu adalah cara yang tepat untuk menghargai apa yang telah di berikan Tuhan untuk kita, karena apa yang sudah jadi milik kita belum tentu di miliki oleh orang lain.

7.    Berhenti menjadi orang lain

Banyak sekali manusia, terlebih anak remaja yang selalu membandingkan diri mereka dengan orang lain, baik berupa fisik atau kegiatan yang dilakukan oleh orang lain, merasa bahwa diri sendiri sangat jauh berbeda dengan orang lain, contohnya adalah berpura-pura bahagia walaupun kenyataannya tidak seperti itu, kita lupa akan diri sendiri yang seharusnya tidak berpura-pura menjadi orang lain, mencintai diri sendiri memang suatu hal yang sulit walau kelihatan sederhana ya?

Setelah kita mengetahui cara-cara pentingnya mencintai diri sendiri, cobalah untuk bercermin dan bertanya pada diri ini, sudahkah kita mencintai diri kita sendiri?yuk lebih pahami diri sendiri untuk bisa mencintai diri ini sebelum mencintai orang lain, kalau bukan kita yang mencintai diri sendiri siapa lagi?

Sumber: kompasiana.com

0 komentar:

Posting Komentar

Senata.ID -Strong Legacy, Bright Future

Senata.ID - Hidup Bermanfaat itu Indah - Orang boleh pandai setinggi langit, tapi selama ia tidak menulis, ia akan hilang dalam masyarakat & sejarah. Menulis adalah bekerja untuk keabadian -Pramoedya Ananta Toer