Pages

Minggu, 11 Agustus 2019

Jejak Para Pemimpin

Sumber gambar: artofthinkingsmart.com


Lahirnya buku ini berawal dari gagasan yang paling pokok, bahwa dalam memilih pemimpin diperlukan sejenak membuka kembali rekam jejak (track record) dan visi-misi pemikiran seorang kandidat. Tidak cukup hanya dalil popularitas dan elektabilitas yang kini menghegemoni persepsi publik sebagai alasan utama dalam menyeleksi dan memilih pemimpin. Karena itu, rekam jejak harus dijadikan landasan penting bagi publik dalam menyeleksi dan memilih pemimpin. Di tengah kondisi kebangsaan yang pekat dengan aroma oligarki dan pragmatisme, Indonesia memerlukan dan kepemimpinan yang mampu “bernafas panjang”, yakni sudah melampaui tem paan dan mengarungi turbulensi kepemimpinan, serta telah selesai dengan dirinya.

Sejatinya rakyat membutuhkan pemimpin dan kepemimpinan paripurna, yang tak hanya memenuhi prasyarat minimal—mampu mensinergikan antara kata dan perbuatan (berintegritas)—tetapi juga cermat mendiagnosa, tepat menawarkan solusi sekaligus piawai menggerakkan rakyat untuk bekerja bersama menyelesaikan segala problem kebangsaan. Tentu mereka telah melalui serangkaian proses seleksi (formal atau informal), berinteraksi dengan masalah, konsistensi terhadap tanggung jawab, serta kematangan dalam mengambil keputusan. Karena itu, diperlukan kemampuan dan pengalaman kepemimpinan yang memadai dalam menyikapi dan mengatasi berbagai persoalan, serta selalu siap berkeringat bekerja untuk rakyat.

Jika hari ini sebagian dari kita merasa “galau”—atau bahkan pesimis melihat masa depan Indonesia—maka kegalauan dan pesimisme itu mungkin terobati dengan sejenak menyimak cerita sukses kepemimpinan dari salah satu, dua, atau beberapa igur dari 35 tokoh—yang terdiri dari tokoh senior, tokoh muda, dan tokoh daerah— dalam buku ini. Mereka merupakan tokoh-tokoh yang memiliki segudang pengalaman dalam berbagai bidang, tak lahir dan tumbuh dalam ruang kosong, tapi melalui tempaan yang amat luar biasa.

Selain sebagai ikhtiar untuk memberikan tambahan referensi (sumbangan informasi) dan mengirim pesan kepada publik bahwa masih banyak stok pemimpin berkualitas, kehadiran buku ini diharapkan bisa menjadi jembatan bagi tokoh-tokoh potensial di republik ini agar jejak kepemimpinan dan gagasan mereka kian dikenal masyarakat. Harapannya, siapapun yang terpilih dan dipercaya adalah para bibit unggul yang memiliki integritas, kualitas, dan kapabilitas terbaik yang siap bekerja untuk rakyat, sehingga mimpi berjalannya sebuah pemerintahan presidensial yang efektif, bersih, dan bertanggungjawab dapat segera terwujud. Terakhir, Pemilu Presiden 2014 adalah panggung yang membuka kesempatan sekaligus banyak kemungkinan bagi siapapun pemimpin yang ditulis dalam buku ini. Skema tokoh-tokoh dalam buku ini tak harus disempitkan hanya untuk posisi Capres-Cawapres 2014 semata, mengingat begitu luasnya medan kontribusi kepemimpinan yang bisa disumbangkan bagi perbaikan negeri. Di atas semua itu, ada begitu banyak pelajaran hidup dan kisah sukses (success story) inspiratif para pemimpin yang bias dipetik dan layak dipraktekkan dalam kehidupan sehari-hari. Selamat membaca!

Sumber: Kata Pengantar Penulis Buku Jejak Para Pemimpin

Bagi pembaca yang hendak menggali lebih dalam isi buku Jejak Para Pemimpin dapat mendownload versi luring/ offline pada link pdf di bawah ini

0 komentar:

Posting Komentar

Senata.ID -Strong Legacy, Bright Future

Senata.ID - Hidup Bermanfaat itu Indah - Orang boleh pandai setinggi langit, tapi selama ia tidak menulis, ia akan hilang dalam masyarakat & sejarah. Menulis adalah bekerja untuk keabadian -Pramoedya Ananta Toer